Ahad 07 Sep 2014 15:56 WIB

Indonesia Bisa Dominasi Pasar Tunggal ASEAN

Rep: Elba Damhuri/ Red: Bilal Ramadhan
Komunitas ASEAN
Foto: [ist]
Komunitas ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA-– Indonesia memiliki modal besar untuk mendominasi perdagangan barang dan jasa pasar tunggal ASEAN pada 2015. Menteri Pertanian Suswono mengatakan modal itu antara lain daya saing yang harus terus dipacu dan jumlah penduduk yang mencapai 40 persen dari total penduduk ASEAN.

Suswono menambahkan produk-produk Indonesia bisa berjaya di dalam negeri dan di negara-negara lain. "Daya saing menjadi sangat penting di sini," kata Suswono dalam siaran persnya, Ahad (7/9), usai membuka "Surabaya Agro Business Matching & Expo".

Agar produk Indonesia dapat berrsaing, ia menyebut perlu dukungan kesiapan yang terintegrasi.  Karenanya dalam menghadapai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, Kementerian Pertanian mendorong dan mendukung berbagai upaya yang menghasilkan produk pertanian segar dan olahan yang dapat menguasai pasar domestik. Juga, bisa diterima di pasar internasional.

Untuk itu diperlukan penguatan sistem agrobisnis secara holistik dan simultan, mencakup keandalan pelakunya, teknologi informasi, sarana dan prasarana, kelembagaan, pemasaran, dan promosi. Dalam konteks ini, lanjutnya, keberadaan petani selaku produsen merupakan bagian penting yang memerlukan kepedulian seluruh pemangku kepentingan melalui kerja sama maupun kemitraan.  

Sektor pertanian, kelautan, dan perikanan menghasilkan produk unggulan yang perlu terus dikelola dengan bijak, dipromosikan, dan saling bersinergi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement