Jumat 22 Aug 2014 06:50 WIB

Utang Publik Portugal Meroket Hingga 134 Persen

Utang/ilustrasi
Foto: johndillon.ie
Utang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Utang publik Portugal lebih tinggi dari yang diharapkan pada semester pertama tahun ini. Menurut data resmi yang dirilis oleh bank sentral Portugal, Bank of Portugal (BoP) pada Kamis (21/8), utang publik negara itu naik menjadi 134 persen dari PDB pada akhir Juni, sementara pemerintah telah meramalkan utang publik akan mencapai puncaknya pada 130,2 persen dari PDB tahun ini.

Utang publik Portugal mencapai 128,9 persen dari PDB pada 2013 dan pemberi pinjaman internasional harus mengurangi target utangnya karena prospek perekonomian memburuk. Pemerintah Portugal telah menerapkan pemotongan pengeluaran dan menaikkan pajak dalam rangka memenuhi pengurangan target anggaran dan mendapatkan kedaulatan keuangan.

Portugal telah keluar dari program dana talangan (bailout) sebesar 78 miliar euro (sekitar 104 miliar dolar AS) yang ditandatangani oleh Uni Eropa, Dana Moneter Internasional dan Bank Sentral Eropa pada Mei tahun ini. Tahun depan utang publik negara itu diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 131,8 persen dari PDB, menurut Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan yang berbasis di Paris.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement