Jumat 15 Aug 2014 03:06 WIB

BNI Dukung Gerakan Nasional Non-Tunai

Rep: Friska Yolandha/ Red: Chairul Akhmad
Tapcash BNI.
Foto: Dok BNI
Tapcash BNI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mendukung penuh inisiatif Bank Indonesia (BI) yang mendorong Gerakan Nasional Non-Tunai (Less Cash Society).

Setelah menjadi bagian dari penyedia layanan tiket elektronik (e-ticketing) bagi penumpang kereta Commuter Line di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), BNI juga memastikan produk TapCash sebagai tiket elektronik pengguna bus TransJakarta di Jakarta.

Penggunaan BNI TapCash pada bus TransJakarta  tersebut diujicoba secara resmi di Jakarta, Kamis (14/8). Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo mengatakan, kerja sama penggunaan kartu prabayar oleh beberapa perbankan membuktikan bank milik negara memahami kapan saatnya berkolaborasi dan berkompetisi.

"Wujud dari kolaborasi adalah digunakannya tiket elektronik pada kereta komuter dan bus TransJakarta, dapat membuat transaksi menjadi lebih mudah dan mempercepat pertumbuhan Gerakan Nasional Non Tunai,” kata Gatot.

BNI TapCash merupakan kartu berbasis java card yang menggantikan existing platform yang berbasis mifare classic. Hingga saat ini, BNI TapCash telah melakukan kerja sama dengan beberapa instansi dan terus menambahkan fitur layanan dalam kartu keanggotaannya.

Instansi yang telah bekerja sama dengan BNI diantaranya Badan Penyelengggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan Universitas Indonesia (UI). Kartu TapCash BPJS Ketenagakerjaan merupakan kartu anggota BPJS yang berisi data keanggotaan dan saldo jaminan hari tua (JHT).

Kartu TapCash UI merupakan kartu mahasiswa yang berisi data akademik kemahasiswaan. "Baik TapCash BPJS maupun TapCash UI dapat digunakan juga untuk bertransaksi di semua merchant bertanda TapCash," kata Gatot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement