Kamis 24 Jul 2014 09:54 WIB

Pemerintah Sulap Kapal Penumpang Jadi Kapal Angkutan Sapi

Rep: c88/ Red: Esthi Maharani
Daging Sapi
Foto: Antara
Daging Sapi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementrian Pertanian (Kementan), Syukur Iwantoro mengatakan akan mengoperasikan dua buah kapal sebagai kapal khusus angkutan sapi. Kapal tersebut adalah kapal angkutan penumpang biasa yang dialihfungsikan menjadi kapal pengangkut sapi antar pulau.

“Tahun ini Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut sudah menganggarkan renovasi dua kapal angkutan untuk sapi, akhir tahun siap beroperasi,” kata Syukur pada Rabu (23/7) di Jakarta.

Dua kapal yang akan beroperasi masing-masing berdaya tampung 300 ekor sapi. Selain itu, Ditjen Perhubungan Laut juga sedang menyelesaikan satu buah kapal baru di galangan Batam yang ditujukan untuk mengangkut sapi. Syukur menjelaskan daya tampung kapal baru dapat memuat 500 ekor sapi dalam sekali angkut. Kapal baru itu direncanakan mulai beroperasi pada Juli 2015.

Hingga saat ini Ditjen PKH bersama Ditjen Perhubungan Laut masih membahas pelabuhan mana saja yang akan disinggahi kapal ini. Hal ini terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana di pelabuhan yang menunjang angkutan sapi. Pemerintah mengakui tiga buah kapal yang akan beroperasi dirasa masih kurang. Namun pihaknya optimistis sektor ini akan menjanjikan sehingga investor akan tertarik memasuki bisnis pengangkutan sapi.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement