Jumat 18 Jul 2014 15:42 WIB

BI Minta Perbankan Jamin Ketersediaan Uang ATM

Mesin ATM
Foto: Republika/Prayogi
Mesin ATM

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah, Purjoko meminta perbankan di wilayahnya untuk menjamin ketersediaan uang di anjungan tunai mandiri (ATM). Purjoko di Kota Palu, Jumat (18/7), mengatakan masyarakat diperkirakan banyak melakukan transaski di ATM, mengingat adanya libur dan cuti bersama menjelang liburan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

Hal itu dikhawatirkan bisa menyebabkan pasokan uang tunai di ATM menipis. Namun demikian, Purjoko mengimbau kepada masyarakat agar tidak khawatir terjadi kekosongan uang di ATM.

Mesin ATM di Sulawesi Tengah juga disediakan cukup uang, sehingga masyarakat tak perlu risau. Purjoko juga meminta masyarakat untuk bijak dalam berbelanja, sehingga tidak boros saat menggunakan uang. "Belanjalah seperlunya sehingga barang-barang yang dibeli benar-benar bermanfaat," ujarnya.

Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah memperkirakan kebutuhan uang selama bulan Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri 2014 mencapai Rp 990 miliar atau naik 7,11 persen dibanding tahun sebelumnya. Purjoko mengatakan pihaknya telah mengantisipasi kondisi itu dengan menyediakan kebutuhan uang mencapai Rp 1,5 triliun. "Jadi, masyarakat tak perlu khawatir bank kehabisan uang," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement