Kamis 03 Jul 2014 16:58 WIB

El Nino Datang, Petani Diminta Tanam Palawija

Rep: Ichsan Emrald Alamsyah/ Red: Nidia Zuraya
Dampak El Nino (ilustrasi)
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Dampak El Nino (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NGANJUK -- Sebelumnya, Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan Indonesia berpotensi mengalami El Nino sepanjang Juli-September. Atas dasar itu, Kementerian Pertanian meminta petani segera langsung menanam sawah miliknya dengan palawija.

Menteri Suswono mengatakan saat ini beberapa daerah telah melalui panen padi. Ia pun meminta petani segera memanen tanpa jeda dan langsung di tanam palawija, salah satunya kedelai.Ia menjelaskan padi membutuhkan air yang cukup banyak.

Sementara jika El Nino terjadi beberapa daerah mengalami kekeringan.Bagi wilayah yang memiliki irigasi dan sumber air yang banyak mungkin tidak masalah. Hanya saja bagi wilayah yang kurang bahkan wilayah tadah hujan maka kami saranakan untuk menanam palawija.

''kita mengantisipasi daripada kecolongan, maka akan lebih baik menanam palawijaya yg bisa memberikan hasil maksimal drpd petani harus menanam padi kembali,'' tutur dia, Kamis (3/7).

Alasan lainnya, menanam kedelai akan sangat bermanfaat karena selama ini Indonesia diketahui sering kali mengimpor dalam jumlah besar. Apalagi saat ini harga kedelai sedang meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement