Ahad 22 Jun 2014 12:48 WIB

Diserbu Pengunjung, Penjualan Smartphone di Jakarta Fair Meningkat

Jakarta Fair Kemayoran
Foto: Yasin Habibi/Republika
Jakarta Fair Kemayoran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ragam penawaran unik disajikan di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2014. Event yang dibuka sejak tanggal 6 Juni 2014 lalu itu menjadikan arena JIExpo Kemayoran sebagai surga belanja bagi para pengunjung. Tidak hanya memamerkan produk-produk unggulan, namun Jakarta Fair seakan menjadi magnet berkembangnya industri dan perekonomian masyarakat.

Salah satu produk yang laris manis diburu para pengunjung adalah produk gadget handphone dan smartphone. Berkembangnya dunia teknologi komunikasi di era modern ini, membuat setiap orang membutuhkan sebuah alat komunikasi yang mumpuni guna mempermudah komunikasi dengan orang lain. Hal inilah yang ditawarkan beberapa produsen gadget handphone dan smartphone dengan sajian produk yang banyak diminati para pengunjung Jakarta Fair Kemayoran.

Hal ini bisa terlihat dari stan yang menyajikan smartphone dan gadget alat komunikasi lainnya. Berbagai pabrikan smartphone ternama memberikan penawaran khusus pada Jakarta Fair Kemayoran tahun ini. Contohnya adalah pabrikan smartphone Evercoss yang memberikan sajian menarik bagi para pengunjung. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Marketing Komunikasi Evercoss, Steffie. Menurutnya Jakarta Fair Kemayoran tahun ini menjadi sebuah ajang yang sangat baik khususnya bagi penjualan produk Evercoss.

"Android Evercoss paling banyak diburu pengunjung Jakarta Fair, kami juga sempat launching produk baru kami di Jakarta Fair Kemayoran malahan produk itu yang paling laris diburu pengujung,’ ungkap Steffie, belum lama ini.

"Sejauh ini, penjualan produk kami sangat baik dan respon masyarakat juga sangat bagus. Kami juga menawarkan berbagai promo menarik khusus di Jakarta Fair ini,’" katanya dalam siaran pers yang dibuat Media JFK.

Senada dengan Steffie, produsen smartphone lainnya yaitu Mito mengaku mendapatkan banyak keuntungan dengan diselenggarakannya Jakarta Fair Kemayoran ini. Hal ini dijelaskan langsung oleh Marketing Manager Mito, Wijaya Kusuma. Dirinya menyebut bahwa Mito sangat puas dengan respon dan antusiasme pengunjung Jakarta Fair Kemayoran.

"Sangat puas, kita selalu memanfaatkan event Jakarta Fair untuk menawarkan promo khusus kepada pengunjung. Respon masyarakat sangat bagus, dan mudah-mudahan penjualan tahun ini lebih baik dari Jakarta Fair tahun lalu,’ papar Wijaya.

Wijaya juga menjelaskan pihaknya kini terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik khususnya bagi para pengunjung Jakarta Fair Kemayoran. ‘Kita tawarkan produk baru yang diberi nama Mito fantasy selfie, jadi ada aplikasi khusus bagi pecinta smartphone yang gemar melakukan selfie. Dan kita juga tawarkan bonus powerbank bagi para pengunjung,’ jelas Wijaya.

Sementara itu produsen smartphone lainnya yaitu Nexian juga merasakan hal yang sama. Nexian yang juga ikut mengisi stan di Jakarta Fair Kemayoran tahun ini mengaku mengalami peningkatan dari segi penjualan produk, bahkan Nexian sempat merilis tiga produk baru unggulannya di momen Jakarta Fair Kemayoran pada Jum’at (20/6). Hal ini diungkapkan oleh Jonris selaku Marketing Komunikasi Nexian.

"Penjualan di Jakarta Fair Kemayoran kali ini sangat bagus, tahun ini lebih banyak peminat produk kami. Kita juga memanfaatkan kesempatan Jakarta Fair Kemayoran ini untuk launching produk baru Nexian," tutur Jonris.

Nexian yang pada Jakarta Fair Kemayoran tahun ini menawarkan produk murah yaitu handphone dengan harga termurah yaitu Rp. 50 ribu tentunya membuat sebagian besar pengunjung merasa penasaran dan mengunjungi stan Nexian. Meskipun merasa agak sepi peminat pada hari pertama pembukaan Jakarta Fair Kemayoran, 6 Juni lalu, namun pihak Nexian justru merasa optimistis dengan respons masyarakat yang begitu besar memasuki pertengahan penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran.

‘Sempat sepi sih di awal penyelenggaraan tapi sampai detik ini stan kita justru dihampiri banyak pengunjung. Bahkan salah satu produk kita yang berharga Rp. 749 ribu laris diburu pengunjung. Kita optimis dapat melebihi pencapaian tahun lalu,’ tegas Jonris.

"Pengunjung Jakarta Fair Kemayoran tahun ini sangat bagus dan respons pembeli juga cukup baik. Dalam seminggu penyelenggaraan Jakarta Fair, 30% dari 100% target penjualan kita sudah kita capai. Ini tentu saja awal yang sangat baik," tambahnya.

Melonjaknya jumlah transaksi produk handphone dan smartphone ini menjadi tolak ukur keberhasilan Jakarta Fair Kemayoran dalam segi transaksi bisnis yang terjadi selama event berlangsung. Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam hal komunikasi berbanding lurus dengan kecanggihan fitur dan teknologi yang ditawarkan produsen handphone dan smartphone tersebut.

Jakarta Fair Kemayoran 2014 ini diikuti oleh 2.650 perusahaan peserta dalam 1.300 stand pameran. Juga diikuti oleh anjungan dari 33 pemerintah provinsi, 177 stand pemerintah kota/kabupaten, dan anjungan kementerian serta BUMN yang mendatangkan pengusaha kecil, koperasi dan usaha mikro binaan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement