Selasa 17 Jun 2014 10:40 WIB

Jokowi Dikritik Soal Izin Usaha Asing

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Nidia Zuraya
Jokowi
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, ‪JAKARTA -- Calon presiden dari kubu PDI Perjuangan-Nasdem-PKB-Hanura-PKPI, Joko Widodo (Jokowi) dikritik soal pernyataannya akan mempersulit izin investasi asing. Pernyataan itu dianggap bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Ucapan Jokowi bisa membuat khawatir investor asing," kata Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada kepada ROL, Selasa (17/6).

Reza mengatakan mayoritas investasi pasar modal berasal dari investor asing. Dia meminta Jokowi lebih cermat dan hati-hati menyampaikan gagasan. "Sebab kesalahpahaman tersebut akan mengganggu berjalannya investasi asing di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya debat capres sesi kedua Jokowi mengatakan akan mempersulit perizinan usaha asing di Indonesia seperti pembukaan cabang bank-bank asing di daerah. Padahal saat ini ada belasan bank swasta besar yang kepemilikan sahamnya adalah mayoritas asing.

Selain itu investasi asing juga mendominasi di bidang migas, pertambangan mineral. Asing juga berinvestasi di bidang perkebunan dan sektor telekomunikasi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement