Ahad 15 Jun 2014 16:23 WIB

Kapasitas Soekarno-Hatta Ditingkatkan

Rep: Meiliani Fauziah / Red: Esthi Maharani
Chairul Tanjung
Foto: Republika/ Wihdan
Chairul Tanjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah tengah mengevaluasi kepadatan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Sambil melakukan evaluasi, kapasitas bandara yang terletak di Cengkareng ini ditingkatkan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) akhir pekan ini mengatakan telah melakukan rapat yang dipimpin Wakil Presiden, Boediono. Dalam rapat tersebut, Wapres menargetkan kepadatan traffic di Soekarno-Hatta dalam satu jam bisa ditambah, dari 72 penerbangan menjadi 86 penerbangan. Bulan Juli mendatang jumlah penerbangan diharapkan mencapai 80 kali.

"Kita berharap target 86 penerbangan bisa tercapai Juni 2015," kata CT.

Pemerintah menurut CT tengah melakukan studi banding dengan bandara Heathrow di London, Inggris. Bandara tersebut mampu melakukan 100 penerbangan dalam waktu satu jam dengan menggunakan dua landasan. Bandara Soekarno-Hatta dipandang mumpuni untuk melakukan hal yang sama karena juga memiliki dua landasan.

Kini pemerintah tengah melakukan kajian intensif terhadap rencana ini. Tenaga ahli pun didatangakan agar kajian berlangsung efektif.

CT mengatakan peningkatan kapasitas bandara lebih realistis dibandingkan membangun bandara baru. Namun upaya ini bukan tanpa hambatan sama sekali.

"Traffic control harus diperbaiki, begitu pula dengan infrastruktur. Masih banyak yang perlu dilakukan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement