Kamis 05 Jun 2014 13:41 WIB

Muhaimin: Transmigrasi Difokuskan untuk Pertanian

 Kawasan pemukiman transmigrasi di Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Sambas, Kalimantan Barat.  (Republika/Edwin Dwi Putranto)
Kawasan pemukiman transmigrasi di Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Sambas, Kalimantan Barat. (Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID, \JAKARTA -- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, mengatakan program transmigrasi akan difokuskan untuk pembukaan lahan bagi pertanian sehingga dapat menjadi sumber ketahanan pangan nasional.

"Transmigrasi harus menjadi penopang pembukaan lahan baru pertanian yang memang kurang di Jawa," kata Muhaimin ketika membuka Seminar Nasional Ketransmigrasian dengan tema 'Bersama Transmigrasi Merajut NKRI' di Gedung Kemnakertrans, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (5/6).

Dengan tujuan tersebut, Muhaimin menyebut program transmigrasi sangat membutuhkan keterlibatan lintas sektoral antara lain Kementerian Pertanian dan Bappenas sehingga dapat mengembangkan daerah transmigrasi. "Transmigrasi harus melibatkan semua pihak lintas sektoral sehingga ada kebijakan-kebijakan, mungkin melalui inpres dari sektor-sektor tertentu seperti kesehatan, pendidikan, PU untuk lebih intens lagi menganggarkan untuk infrastruktur penopang kawasan transmigrasi," ujar Muhaimin.

Sementara itu, program transmigrasi juga akan dimanfaatkan untuk penguatan daerah perbatasan dimana Kemnakertrans akan mulai memberangkatkan transmigran dari anggota TNI pada tahun 2015 mendatang. "TNI khusus untuk transmigrasi daerah perbatasan. Kita ingin melibatkan TNI terutama purnawirawan dengan kemampuan khusus seperti daya tahan, wawasan NKRI dan sebagainya," kata Muhaimin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement