Kamis 22 May 2014 16:04 WIB

Pertamina: Kami Butuh Mitra EOR

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Nidia Zuraya
Karen Agustiawan
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Karen Agustiawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) sedang mencari mitra yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Utamanya, mitra untuk melakukan pengeboran minyak tingkat lanjut (EOR).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan mengatakan, hingga kini Pertamina belum mendapatkan mitra untuk EOR. ''Kami mengundang mitra untuk EOR,'' kata dia dalam acara Konvensi dan Eksibisi IPA ke-38, Jakarta, Kamis (22/5).

Karen menuturkan, produksi minyak Pertamina tidak pernah turun. Walaupun peningkatan produksinya hanya sedikit. Menurutnya, produksi minyak nasional tidak hanya ditopang oleh Pertamina. Namun, banyak perusahaan lainnya yang juga memengaruhi produksi minyak nasional.

Karen menegaskan, produksi minyak Pertamina tidak turun, akan tetapi, produksi perusahaan minyak lain merosot tajam. Selain itu permintaan minyak bumi setiap tahun meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. Alhasil, kebutuhan minyak bumi tidak bisa dipenuhi dari dalam negeri.

Terlabih lagi, terang Karen, Indonesia bukan negara penghasil minyak tetapi penghasil gas. Karena itu, Pertamina tengah mengkaji langkah untuk diversifikasi energi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement