Senin 05 May 2014 18:04 WIB

Seluruh Jalur Pantura Akan Dibetonisasi

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.
Foto: Antara/Agus Bebeng
Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, menegaskan bahwa seluruh jalur pantai utara Jawa akan dilakukan betonisasi secara bertahap untuk mencegah kerusakan semakin bertambah parah.

"Sampai akhir 2013 sepanjang 270 kilometer jalan di pantura sudah dibeton, mudah-mudahan tahun ini 100-200 km selesai dibeton," katanya di Semarang, Senin.

Hal tersebut disampaikan Djoko usai menghadiri pengisian awal Waduk Jatibarang, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, dalam rangka memperingati Hari Air Dunia XXII.

Terkait dengan kerusakan yang terjadi di jalur pantura, Djoko mengapresiasi inspeksi mendadak yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan menemukan praktik pungutan liar di jembatan timbang Subah, Kabupaten Batang, Minggu (27/4) malam.

"Saya sangat senang dengan 'action' Pak Gub, karena memang pantura kita itu rusak parah karena memang bebannya luar biasa," ujarnya didampingi Gubernur Ganjar Pranowo.

Menurut dia, sidak yang dilakukan politisi PDI Perjuangan di jembatan timbang itu didukung oleh Gubernur Jawa Timur dan Gubernur Jawa Barat.

Mengenai perkembangan penanganan praktik pungli yang dilakukan oknum Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika di jembatan timbang, Ganjar mengatakan bahwa saat ini jajaran Inspektorat Pemerintah Provinsi Jateng sedang menanganinya.

"Inspektorat akan lapor ke saya dalam satu hingga dua hari ke depan,'' kata Ganjar. ''Pokoknya saya tidak akan 'menyembelih' orang tapi ada unsur pembinaan.''

''Inikan mau perbaikan birokrasi. Saya tidak mau bakar rumahnya, tapi 'tikusnya' yang mana kita tindak," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement