Kamis 24 Apr 2014 10:46 WIB

Bisnis Iklan Dongkrak Pendapatan Facebook

Rep: Friska Yolandha/ Red: Mansyur Faqih
Facebook untuk smartphone (ilustrasi)
Foto: REUTERS
Facebook untuk smartphone (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Bisnis iklan mobile Facebook Inc mengalami akselerasi di tiga bulan pertama tahun fiskal 2014. Ini membuat perusahaan sosial media tersebut semakin dekat dengan target keuangan.

Facebook menyatakan, bisnis iklan merepresentasikan 59 persen pendapatan sepanjang kuartal I. Nilai ini tumbuh dari 30 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, pendapatan Facebook tumbuh 72 persen year-on-year menjadi 2,5 miliar dolar AS. "Mereka memiliki produk tepat yang pengiklan cari," kata analis JMP Securities Ronald Josey, seperti dilansir Bloomberg, Kamis (24/4).

Iklan newsfeed Facebook telah memicu pertumbuhan pendapatan dan mendongkrak harga sahamnya sepanjang tahun lalu. Iklan tersebut juga cocok untuk layar yang lebih kecil, seperti smartphone dan perangkat lain.

Perusahaan jejaring sosial nomor wahid di dunia itu menyatakan, total pengguna aktif bulanan mencapai 1,28 miliar user. Sekira 1,01 miliar user di antaranya aktif melalui aplikasi Facebook di smartphone.

Perusahaan tersebut menyebutkan, laba bersih kuartal pertama mencapai 642 juta dolar AS atau setara 25 sen dolar AS per saham. Nilai ini tumbuh lebih dari 200 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu 219 juta dolar AS.

Saham Facebook telah naik berlipat ganda sepanjang 12 bulan terakhir. Saham Facebook ditutup di level 63,05 dolar AS pada penutupan perdagangan Rabu (23/4) waktu setempat.

Facebook juga mengumumkan pengunduran diri finance chief David Ebersman. Ia telah bergabung dengan Facebook sejak 2009. Ebersman yang masih akan bekerja hingga September mendatang akan digantikan oleh David Wehner. Sebelumnya, Wehner menjabat sebagai vice president of corporate finance and business planning.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement