Jumat 11 Apr 2014 06:18 WIB

2014, OJK Hentikan Izin Pendirian UUS

Rep: Ichsan Emrald Alamsyah/ Red: Muhammad Hafil
OJK
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
OJK

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Otoritas Jasa Keuangan tampaknya tak main-main dalam mendorong pertumbuhan perbankan syariah. Meski kewajiban spin off unit usaha syariah masih sembilan tahun lagi, namun OJK akan menghentikan pendirian UUS mulai 2014.

Direktur Direktorat Penelitian, Pengembangan, Pengaturan dan Perijinan Perbankan Syariah, Departemen Perbankan Syariah OJK Ahmad Buchori mengatakan hingga kini ada tiga jenis bank syariah di Indonesia. Ketiga antara lain bank umum syariah, BPR syariah dan unit usaha syariah. BUS saat ini berjumlah 11 bank, BPR Syariah 163 bank sementara UUS 23 unit.

OJK saat ini berharap UUS pada tahun 2023 berubah atau spin off menjadi BUS. Meski masih sembilan tahun lagi namun kini OJK tidak memungkinkan lagi memberikan ijin utk pembukaan UUS. ''Kami tidak akan lagi memproses ijin UUS karena sekarang bank syariah didorong menjadi BUS,'' tutur dia kepada media usai membuka iB Vaganza, Kamis (11/4).

Untuk saat ini OJK terus berkonsentrasi supaya 23 UUS berubah menjadi BUS. Ke depan OJK akan meminta road map kepada setiap UUS. Khususnya bagaimana tahapan mereka akan berubah menjadi BUS. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement