REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kedai kopi waralaba Starbucks mengumumkan rencana menjadikan kedai-kedai mereka bar yang menjual bir dan anggur di sore hari. "Ribuan kedai diharapkan mulai menjual alkohol dalam beberapa tahun mendatang," kata perusahaan itu.
Starbucks pertama kali menjajakan alkohol setelah pukul 16:00 di satu lokasi di Seattle pada 2010. Usaha yang dilabeli dengan Starbucks Evenings itu terbukti sukses dan kemudian dilakukan di 26 lokasi lainnya.
Empat puluh toko ditargetkan sudah bisa menawarkan bir dan anggur di akhir 2014, dan juga menyajikan penganan kudapan seperti roti dan kurma. Terobosan ini disebut sebagai langkah Starbucks untuk meningkatkan penjualan sepanjang hari setelah jam sibuk di pagi hari berlalu.
Starbucks yang memiliki 11 ribu toko di AS juga memperkenalkan beberapa varian salad dan roti lapis baru ke dalam menu untuk mendongkrak penjualan di siang hari.