Kamis 13 Mar 2014 18:00 WIB

Menko Perekonomian: Realisasi UMKM Capai Rp 40 Triliun

Perajin UKM (ilustrasi)
Foto: nenygory.wordpress.com
Perajin UKM (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menyebutkan realisasi program peningkatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada 2013 dari pemerintah mencapai sebesar Rp 40 triliun atau meningkat dari program yang ditentukan Rp 36 triliun.

"Meningkatnya realisasi program tersebut kami nilai cukup berhasil karena mampu menarik minat masyarakat mengembangkan usaha mandiri," katanya di Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis(13/3).

Menurut dia, dalam program pemerintah itu, Provinsi Jateng merupakan daerah penyerap terbanyak dengan keberhasilan program meningkatkan kegiatan pelaku usaha kecil menengah dan mikro. Provinsi Jawa Tengah, kata dia, tercatat sebagai penyerap dana kredit usaha rakyat (KUR) tertinggi dengan tingkat keberhasilan mencetak pengusaha tangguh.

Menko Kesra dalam rangka kegiatan sambung rasa bagi ilmu di lapangan Kemplong Wiradesa ini mengatakan pada tahun ini, pemerintah memprogramkan KUR sekitar Rp 40 triliun terkait keberhasilan pelaksanaan kredit yang sama pada tahun sebelumnya.

"Kalau pelaku usaha kecil dan mikro mendapat pendampingan baik dari pemerintah, perbankan maka akan meningkatkan status menjadi pengusaha menengah, selanjutnya menjadi pengusaha tangguh untuk menopang perekonomian nasional," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement