Selasa 11 Mar 2014 18:59 WIB

Sumitomo Buka Cabang Syariah di Malaysia

Rep: Friska Yolandha/ Red: Julkifli Marbun
Sumitomo
Foto: tm-tv.mn
Sumitomo

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Sumitomo Mitsui Banking Corp (SMBC) akan membuka kantor cabang syariah di Malaysia.

Unit dari Sumitomo Mitsui Financial Group Inc ini telah mendapatkan lisensi untuk mengembangkan bisnis berbasis syariah di negara-negara Asia Tenggara. SMBC akan mempromosikan keuangan syariah di bawah kebijakan negara yang dimasuki perseroan.

SMBC akan memanfaatkan bank lokal yang diakuisisi perseroan sebagai basis perbankan syariah di Asia Tenggara. Asia Tenggara merupakan wilayah yang memiliki permintaan tinggi atas keuangan syariah.

Anak usaha SMBC, Sumitomo Mitsui Banking Corp Malaysia Bhd akan memulai layanan keuangan dalam mata uang dolar AS dan mata uang lain yang sesuai dengan basis syariah. Perseroan akan melakukan pengawasan penuh pada setiap transaksi untuk mencegah adanya bunga.

Grup akan menggandeng klien berupa perusahaan lokal di Malaysia dan perusahaan Jepang yang ada di Malaysia. Seorang sumber mengatakan, perusahaan yang dibidik adalah perusahaan tambang dan infrastruktur.

Dilansir Japan News, Selasa (11/3), bank Jepang ini telah menangani keuangan syariah sejak revisi undang-undang perbankan pada 2008. SMBC merupakan bank yang memimpin pembiayaan sindikasi senilai 750 juta dolar AS untuk pembangunan bandara di Arab Saudi pada 2012. SMBC merupakan bank Jepang pertama yang beroperasi di Eropa dan Asia dengan basis syariah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement