Selasa 18 Feb 2014 14:52 WIB

Impor Beras Bisa Ditunda

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Nidia Zuraya
Impor beras (ilustrasi)
Impor beras (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengatakan sebaiknya rencana impor beras ditunda sementara. Hal ini mengingat belum tuntasnya kasus beras Vietnam yang ditemukan di Pasar Beras Cipinang. 

"Kami pada dasarnya sangat mendukung kalau memang ditunda dulu (impor beras), supaya kasus ini terungkap dulu dimana masalahnya. Siapapun yang melakukan pelanggaran hukum harus ditindak," katanya ditemui di kompleks DPR, kemarin.

Mentan berpendapat bahwa impor beras tidak harus dilakukan dengan secepatnya.  Jadi menurutnya bisa ditunda sementara hingga persoalan ini selesai. "BPK sudah melakukan audit dan investigasi. Lalu kemarin bea cukai sempat menahan 12 kontainer. Artinya, saya kita ada baiknya ditunda sementara sampai persoalan tuntas. Apalagi bukan kebutuhan yang mendesak," katanya.

Namun Mentan mengatakan kasus ini sudah dirapatkan dengan semua pihak yang terkait, termasuk Kementerian Perdagangan. Kementan berkomitmen akan mengikuti keputusan yang nanti didapatkan dalam rapat kordinasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement