Senin 10 Feb 2014 20:20 WIB

Konsumsi Rumah Tangga Diprediksi Terus Menguat

Konsumen/ilustrasi
Foto: IST
Konsumen/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) memprediksi konsumsi rumah tangga yang terus menguat akan masih berlanjut pada bulan-bulan berikutnya setelah pada Januari 2014 kembali menunjukkan peningkatan.

Survei Konsumen terbaru yang dirilis Bank Indonesia, Senin (10/2) menunjukkan peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) dari 116,5 pada Desember 2013 menjadi 116,7 pada Januari 2014. Indeks tersebut menggambarkan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dibandingkan enam bulan sebelumnya dan espektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi enam bulan mendatang.

Survei yang melibatkan sekitar 4.600 responden diselenggarakan di 18 kota besar di Indonesia itu, menunjukkan bahwa mayoritas responden optimistis terhadap kondisi ekonomi enam bulan mendatang, terutama terkait dengan ekspektasi ketersediaan lapangan pekerjaan dan penghasilan konsumen pada enam bulan mendatang akan lebih baik.

Selain indikasi penguatan konsumsi rumah tangga, responden juga memperkirakan adanya tekanan kenaikan harga ke depan. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) yang lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya.

Dampak kenaikan harga LPG 12 kilogram dan penyelenggaraan Pemilu legislatif pada April 2014 ditenggarai mendorong peningkatan ekspektasi inflasi tiga bulan ke depan. Sementara itu, untuk enam bulan mendatang (Juli 2014), mayoritas responden juga memperkirakan kenaikan harga seiring dengan tingginya permintaan selama bulan Puasa dan Hari Raya Idul Fitri, serta kekhawatiran responden terhadap kondisi keamanan/sosial politik pasca Pemilu Presiden putaran pertama (9 Juli 2014).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement