Jumat 07 Feb 2014 19:42 WIB

Menhut Serahkan KUR untuk Nelayan Belitung

Menhut berkesempatan menanam pohon di Belitung dalam rangkaian acara 'Sambung Rasa Bagi Ilmu', Jumat (7/2).
Foto: Humas Kemenhut
Menhut berkesempatan menanam pohon di Belitung dalam rangkaian acara 'Sambung Rasa Bagi Ilmu', Jumat (7/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Kedatangan Menhut Zulkifli Hasan di Belitung mendapat sambutan hangat dari para nelayan di wilayah ini. Zulkifli yang mewakili Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam acara 'Sambung Rasa BagiIlmu' ini menyerahkan bantuan kredit usaha rakyat (KUR) kepada para nelayan.

Pemberian bantuan tersebut utamanya bertepatan dengan buruknya cuaca sehingga para nelayan di wilayah ini sulit melaut. Sebagai solusinya, Bank Mandiri, BRI, Bank Sumselbabel dan Bank Syariah Mandiri memberikan KUR dengan nilai pinjaman sebesar Rp 20 juta hingga 100 juta tanpa agunan.

Dengan bantuan KUR itu, kata Menhut, diharapkan para nelaya bisa membuka usaha sampingan. Semisal sebagai pedagang atau membuat kerajinan terutama pada saat cuaca buruk. " Sehingga perekonomian keluarga tetap berjalan, " harap Menhut saat bertatap muka dengan para nelayan di Belitung, Jumat (7/2).

Pada kesempatan tersebut, Menhut didampingi para pejabat di Belitung, melakukan  penanaman pohon dan melepasliarkan tukik di Pantai Tanjung Kelayan.

Dalam rangkaian agenda 'Sambung Rasa Bagi Ilmu' itu, Menhut juga berkesempatan mengunjungi sekolah SMK 1 Kabupaten Belitung. Menhut disambut meriah oleh sekitar 1.000 siswa SMU dan SMK yang ada di Belitung. Dalam sambutan dan tanya jawab dengan siswa, Menhut selalu berpesan dan mengajak Siswa-siswi untuk gemar menanam pohon untuk kehidupan dan lingkungan yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement