Rabu 29 Jan 2014 11:20 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Inggris Cetak Rekor

Rep: Nora Azizah/ Red: Nidia Zuraya
Jam Big Ben di Kota London, Inggris.
Jam Big Ben di Kota London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ekonomi Inggris tumbuh sebesar 1,9 persen pada 2013. Angka ini menjadi rekor tertinggi untuk Inggris sejak 2007 silam.

Sementara pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) untuk kuartal keempat merosot ke 0,7 persen, turun dari 0,8 persen pada kuartal sebelumnya. Output ekonomi masih 1,3 persen. "Banyak yang harus dilakukan, kami sedang menuju ke arah yang lebih baik" kata Kanselir George Osborne kepada BBC News, Selasa (28/1).

Osborne mengatakan, pemulihan ekonomi berbasis luas dengan manufaktur yang tumbuh lebih dari sektor lain. Itu menjadi bukti bahwa rencana ekonomi jangka panjang memang bekerja.

Kebijakan ekonomi pemerintah sangat membantu menyediakan bisnis dengan lingkungan kompetitif. Bisnis menjadi tumbuh dan mempekerjakan banyak pengangguran. Fakta di Inggris bahwa sekitar 450 ribu pekerjaan baru berhasil tercipta di tahun lalu. "Ini menjadi saat yang tepat untuk berinvestasi dan mengembangkan bisnis," kata Osborne.

Kemudahan invetasi yang bisa diakses oleh banyak orang di seluruh dunia. Sekarang sangat aman bagi investor untuk menempatkan uang mereka di Inggris. Para investor melihat Inggris sebagai tempat masa depan ekonomi dunia yang sedang terbentuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement