Kamis 23 Jan 2014 00:52 WIB

Pemerintah Jamin Pasokan dan Harga Pangan Stabil

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Yudha Manggala P Putra
Hatta Rajasa
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa memimpin rapat koordinasi terbatas bidang pangan di kantor Perum Bulog Divisi Regional DKI Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (22/1).

Turut hadir dalam rapat tersebut antara lain Menteri Pertanian Suswono, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Sutardjo, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin dan Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso.

Dalam keterangan pers seusai rapat, Hatta mengatakan, berdasarkan laporan dari kementerian/lembaga terkait terhadap komoditas pangan yang ada, dapat disimpulkan, persediaan bahan pangan pokok mencukupi. 

Berdasarkan data Kemenko Perekonomian, stok beras di gudang Perum Bulog di Tanah Air mencapai 2,090 juta ton. 

Sedangkan stok gula secara nasional tercatat 1,42 juta ton untuk enam bulan ke depan.  Sementara untuk komoditas pangan lainnya kedelai dan palawija, masing-masing mencukupi untuk satu sampai empat bulan ke depan.

Menurut Hatta, tidak ada laporan kelangkaan bahan pangan pokok.  Harganya pun stabil walaupun ada sedikit kenaikan.  Memang ada catatan kenaikan pada harga-harga seperti cabai rawit, cabai merah, telur ayam ras dan telur ayam ras. "Tapi secara tahunan tidak mengalami lonjakan," kata Hatta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement