Senin 20 Jan 2014 20:41 WIB

Pabrik Produsen Kertas Raih Sertifikat Halal MUI

Asia Pulp & Paper (APP)
Foto: vimeo.com
Asia Pulp & Paper (APP)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk–Serang Mill, unit usaha Asia Pulp & Paper (APP), 4 Desember lalu mendapatkan Sertifikat Halal (SH) dan Sistem Jaminan Halal (SJH) dari MUI untuk produk-produknya yakni Foopak Grease Proof, Foopak Heatsealable, Foopak Hardsize, Foopak PE Laminted Board dan delapan produk lainnya. Sertifikat Halal dan Sistem Jaminan Halal ini merupakan yang pertama di Indonesia diberikan kepada pabrik produsen kertas dan bahan kertas.

MUI telah mendesain sistem yang menjamin kehalalan produk pada perusahaan pemegang SH MUI. Sistem itulah yang dinamakan SJH. Lebih jauh SJH adalah sistem manajemen terintegrasi yang disusun, diterapkan dan dipelihara untuk mengatur bahan, proses produksi, produk, sumber daya manusia, dan prosedur dalam rangka menjaga kesinambungan proses produksi halal, sesuai dengan persyaratan LPPOM.

Dalam proses implementasi SJH, audit dilaksanakan oleh internal perusahaan sebanyak dua kali setahun, dan oleh LPPOM sekali setahun. Persyaratan suatu produk yang dinyatakan halal adalah apabila dalam produk tersebut bahan baku, bahan kimia, dan bahan penolongnya tidak mengandung unsur seperti antara lain babi dan turunannya, alkohol dan turunannya, najis, ataupun bahan pengotor lainnya. Sertifikat Halal untuk produk-produk yang dinyatakan Halal berlaku selama dua tahun dan harus diperpanjang saat mendekati batas waktu yang telah tercantum dalam sertifikat.

Berdasarkan pemeriksaan dokumen dan audit implementasi LPPOM MUI, PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk–Serang Mill dinilai telah menerapkan SJH dengan sangat baik, atau kategori A. Setelah melalui beberapa tahap yaitu pengujian, pemeriksaan dan pembahasan oleh LPPOM MUI, produk-produk PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk–Serang Mill  tersebut dinyatakan halal menurut syariah Islam dimana bahan-bahan dan proses produksinya telah sesuai dengan persyaratan Komisi Fatwa MUI.

"Sertifikat Halal dan Sertifikat Sistem Jaminan Halal yang telah kami peroleh tentu dapat memberikan kepercayaan pada konsumen, terutama di Indonesia, bahwa kami telah melakukan segala sesuatunya dengan baik serta sesuai dengan Syariat Islam,” ujar Director Corporate Affairs and Communication APP, Suhendra Wiriadinata. “Kami berharap dengan pelaksanaaan Sistem Jaminan Halal ini keberlangsungan proses produksi secara halal terus berjalan dengan baik sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement