Kamis 09 Jan 2014 10:59 WIB

Korsel Pertahankan Tingkat Suku Bunga Bank

Suku bunga bank (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Suku bunga bank (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Bank sentral Korea Selatan, The Bank of Korea, mempertahankan tingkat suku bunga kunci tidak berubah untuk ke delapan bulan berturut-turut pada Kamis (9/1). Ini menunjukkan tanda-tanda pemulihan ekonomi yang lamban baik di dalam maupun luar negeri.

The Bank of Korea mempertahankan suku bunga acuan tetap pada posisi 2,5 persen. Tingkat terakhir bergerak mengejutkan penurunan 0,25 persentase poin Mei untuk mendukung pertumbuhan di ekonomi terbesar ke empat di Asia tersebut.

Pemerintah Korea Selatan bulan lalu memperkirakan pertumbuhan ekonomi 3,9 persen tahun ini menyusul ekspansi 2,8 persen pada 2013. Dalam sebuah pernyataan, pemerintah mengungkapkan terjadi tren peningkatan sektor ekspor yang sangat penting di Korea Selatan, yang menyumbang lebih dari setengah dari keseluruhan produk domestik bruto (PDB).

Pemerintah juga mengatakan tanda-tanda pemulihan ekonomi AS telah menjadi lebih jelas sementara kelesuan kegiatan ekonomi di zona euro terus berkurang.

Inflasi bulanan saat ini berada di sekitar 1,1 persen, namun harga konsumen diperkirakan akan naik 2,3 persen tahun ini, mengakibatkan beberapa analis memprediksi kenaikan suku bunga di beberapa titik. Tetapi yang lain melihat tingkat suku bunga tetap stabil atau bahkan turun lagi, mengutip ketidakpastian atas program stimulus Federal Reserve AS, daya saing pasar yang sedang tumbuh dan eskpor yang lebih lambat dikarenakan pelemahan yen.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement