Senin 30 Dec 2013 20:12 WIB

Tak Mau Kalah, Google Gandeng Produsen Otomotif

Rep: Niken Paramita Wulansari/ Red: Dewi Mardiani
Logo Baru Google
Foto: The Verge
Logo Baru Google

REPUBLIKA.CO.ID, Tak puas dengan sistem Android, Google siapkan senjata baru untuk melawan Apple di pasar sistem operasi. Wall Street Journal yang dilansir CNET, Senin (30/12), melaporkan, perusahaan web raksasa ini bekerja sama dengan produsen otomotif, Audi untuk mengembangkan sistem hiburan dan sistem informasi di dalam mobil yang berbasis Android.

Dengan pengembangan sistem operasi ini, kendaraan Audi nantinya mampu mengintegrasikan musik dan navigasi dalam ponsel ke dalam mobil. Kerja sama ini lanjutnya, akan diumumkan dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas.

Kehadiran kerja sama ini diharapkan mampu mennyaingi Apple dengan sistem operasi iOS yang juga terintegrasi pada fitur entertainment sejumlah kendaraan. Apple lebih dulu merilis sistem ini pada ajang Apple Worldwide Developers Conference (AWDC) Juni lalu. Fitur ini mampu mengantarkan pengendara untuk menoperasikan layanan pesan, musik dan navigasi.

Sejauh ini Apple sudah melayangkan kerja samanya dengan beberapa produsen otomotif seperti BMW, Honda, Mercedes, Nissan, Ferrari, Hyundai, Kia, dan Infiniti. 

Namun tidak seperti Apple yang membutuhkan perangkat mobile Apple lainnya untuk mengintegrasikan, Google datang dengan teknologi yang selangkah lebih maju. Karena sistem operasi Android ini akan dipasangkan langsung (built in) pada perangkat kendaraan.

Sebelumnya, pada ajang AWDC tersebut, Apple Vice President, Eddy Cue, sempat mengatakan, integrasi iOS dan mobil ini akan dimulai pada 2014 dan secara masal baru akan terpasang pada pilihan kendaraan 2015. Sistem integrasi ini juga diperkirakan akan berjalan dengan versi terbaru, iOS 7.1 beta, yang memungkinkan pengguna untuk mengubah "display car".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement