Senin 16 Dec 2013 16:45 WIB

Bank Mandiri dan BNI Siap Layani Transaksi KRL

Rep: Satya Festiani/ Red: Nidia Zuraya
 Sejumlah Penumpang menunggu KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai,Jakarta,Senin (7/1). (Republika/Adhi Wicaksono)
Sejumlah Penumpang menunggu KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai,Jakarta,Senin (7/1). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri, Tbk dan Bank Negara Indonesia, Tbk (BNI) menyatakan kesiapannya untuk melayani transaksi perjalanan KRL Jabodetabek. Kedua bank tersebut menunggu izin dari PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ). 

Vice President Electronic Banking Bank Mandiri, Rahmat Broto Triaji, mengatakan Bank Mandiri secara teknis siap melayani transaksi KRL Jabodetabek. "Secara teknis kita siap. Kalau KCJ deal, oke lah 15 Januari," ujar Rahmat yang ditemui usai penandatanganan MoU antara Bank Mandiri dengan Fast Food Indonesia, Senin (16/12).

Rahmat mengatakan Bank Mandiri tidak perlu melakukan investasi tambahan untuk bekerjasama dengan KCJ. Perseroan hanya tinggal menaruh aplikasi yang telah dimiliki di gerbang yang tersedia di stasiun KRL Jabodetabek. Ia juga mengatakan Bank Mandiri sudah cukup berpengalaman dalam melayani transaksi prepaid.

Saat ini jumlah prepaid Bank Mandiri telah mencapai 3,35 juta kartu. Dengan melayani KCJ, pengguna kartu diperkirakan meningkat 30 persen. "Ini bisa jadi lebih cashless. Buat kita juga customer based bisa lebih berkembang," ujar dia.

BNI juga siap melayani transaksi KRL Jabodetabek tiga bulan dari sekarang. General Manager Product Management Division-Consumer & Retail Banking BNI, Dodit Wiweko Probojakti, mengatakan BNI menargetkan jumlah kartu prepaid dapat mencapai 100 ribu. "Tahun depan juga kita tawarkan untuk e-toll," ujar dia.

Sebelumnya, KCJ menggandeng PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk penggunaan kartu Flazz BCA sebagai salah satu alat transaksi untuk melakukan perjalanan KRL. Untuk dapat menggunakan Kartu Flazz sebagai tiket Commuter Line, pengguna terlebih dahulu harus melakukan aktivasi pada perangkat balance reader yang tersedia di stasiun baru kemudian kartu Flazz BCA dapat digunakan untuk melakukan tap in  pada seluruh gerbang yang tersedia di stasiun KRL Jabodetabek. Aktivasi tersebut hanya perlu dilakukan satu kali pada saat kartu Flazz BCA akan digunakan untuk perjalanan KRL pertama kali.

Perbedaan signifikan antara Kartu Multi Trip (KMT) dan Flazz BCA hanya terdapat pada cara pengisian saldo dimana untuk melakukan isi ulang pengguna kartu Flazz BCA tidak dapat melakukan transaksi isi ulang di loket stasiun Jabodetabek. Isi ulang saldo pada Flazz BCA dapat langsung dilakukan pada ATM non-tunai BCA serta merchant bertanda Flazz Isi Ulang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement