Jumat 13 Dec 2013 14:52 WIB

Premi Asuransi Umum Tumbuh 18,7 Persen

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Nidia Zuraya
Asuransi (Ilustrasi)
Foto: wepridefest.com
Asuransi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengumumkan premi bruto asuransi umum sampai dengan Triwulan tiga-2013 mencapai Rp 33,9 triliun. Premi tersebut mengalami pertumbuhan 18,7 persen dibanding periode yang sama di 2012.

Direktur Eksekutif AAUI Julian Noor mengatakan, pertumbuhan terbesar pada premi bruto secara nominal dicapai oleh lini usaha asuransi kendaraan bermotor. ''Kenaikan sebesar Rp 1,2 triliun,'' kata dia pada konferensi pers laporan kinerja asuransi umum dan reasuransi di Jakarta, Jumat (13/12).

Julian menginformasikan, dalam hal pertumbuhan persentase terbesar terjadi pada lini bisnis asuransi kredit sebesar 151,9 persen atau Rp 881,3 miliar.

Dia menuturkan, satu-satunya lini bisnis yang mengalami penurunan perolehan premi bruto dibanding periode yang sama tahun lalu adalah lini bisnis asuransi rangka pesawat dan satelit.

Walaupun peroleh premi bertumbuh, menurut Julian, klaim hingga kuartal ketiga terjadi peningkatan sebesar Rp 13,8 triliun atau sebesar 25,2 persen dibanding periode yang sama di 2012. "Peningkatan klaim bruto secara amount yang tertinggi ada pada lini usaha asuransi kecelakaan dan kesehatan sebesar Rp 1 triliun dan asuransi kendaraan bermotor Rp 978 miliar," ujar dia.

Julian menambahkan, peningkatan persentase klaim bruto tertinggi terjadi pada lini bisnis rangka pesawat dan satelit sebesar 93,4 persen. Selanjutnya ada pada lini asuransi kesehatan sebesar 63,9 persen.

Dia memprediksi, pertumbuhan premi asuransi umum hingga akhir tahun ini bisa bertahan di angka 18 persen. Sedangkan klaim hingga akhir 2013 akan terus meningkat yang didasari oleh tren kenaikan klaim di setiap akhir tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement