Selasa 03 Dec 2013 14:42 WIB

SBY Akan Tinjau Potensi Ekonomi Madura

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana meninjau sejumlah potensi kerajinan dan pariwisata di Madura, dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Jawa Timur pada Rabu hingga Minggu, 4-8 Desember 2013.

"Potensi di Madura kan sangat luar biasa. Presiden berencana melihatnya langsung sebagai bentuk apresiasi dan memantau perkembangannya," ujar Kepala Biro Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Lies Idawati, ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa.

Presiden SBY dijadwalkan terbang dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma Jakarta pada Rabu (4/12), sekitar pukul 08.00 WIB. Sejam kemudian diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Forum Pimpinan Daerah dipastikan menyambutnya.

Dari bandara, orang nomor satu di Indonesia beserta rombongan akan menuju ke Kabupaten Sumenep menggunakan jalur darat dan melintasi Jembatan Suramadu. Presiden direncanakan melihat kerajinan setempat di Gedung Adhi Poday.

"Malamnya, beliau dan gubernur menggelar pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Sedangkan, untuk menginap masih belum dipastikan di pendopo kabupaten karena sampai siang ini masih dilakukan survei," tutur Lies.

Besoknya, SBY yang didampingi sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara meninjau cagar budaya Asta Tinggi (komplek pemakanan raja/bangsawan Sumenep). Selanjutnya, rombongan menuju Pamekasan dan diagendakan menanam serta memanen jagung di Desa Montok, Kecamatan Larangan.

Siangnya, presiden ke Pasar Batik Pamekasan sekaligus meninjau potensi batik asli daerah setempat. Setelah itu, presiden ke pendopo kabupaten untuk beristirahat, dilanjutkan menonton gelar budaya khas Madura bersama Forpimda.

"Lokasi penginapan juga belum bisa dipastikan karena juga masih disurvei. Nanti malam baru dapat laporan tentang kelayakan penginapan untuk presiden," ucap Lies.

Keesokan harinya, Jumat (6/12), presiden akan menuju Bangkalan untuk meninjau produk olahan setempat. Namun, SBY akan berhenti di Sampang terlebih dahulu untuk meninjau lokasi Kebun Jambu di Kecamatan Camplong, serta memanennya.

Presiden juga melaksanakan ibadah Shalat Jumat di Masjid Jami' Bangkalan, sebelum akhirnya menuju Bumimoro, Komplek Akademi Angkatan Laut (AAL) di Surabaya.

Di sana, SBY diagendakan hingga Sabtu (7/12). Seharian penuh presiden akan melakukan kegiatan sekaligus reuni dengan AKABRI Alumni Angkatan 1973. Keesokan paginya, Minggu (8/12), presiden dan rombongan menuju Bandar Udara Juanda dan kembali ke Jakarta.

Dalam kunjungan kerjanya, SBY didampingi sejumlah menteri, di antaranya Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement