Rabu 23 Oct 2013 15:13 WIB

Apple Tak Takut Berkompetisi di Pasar Tablet

Rep: Friska Yolandha/ Red: Mansyur Faqih
iPad Air
Foto: The Verge
iPad Air

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple Inc baru saja meluncurkan seri terbaru tablet iPad dan iPad mini dengan harga yang lebih mahal. Perusahaan teknologi milik Steve Jobs ini tampaknya tidak takut dengan kompetisi tablet murah yang saat ini banyak bermunculan.

Apple meluncurkan seri terbaru tablet bernama iPad Air dengan harga 499 dolar AS atau setara Rp 5,4 juta. Sedangkan iPad mini dengan layar resolusi tinggi dibanderol dengan harga 399 dolar AS atau Rp 4,3 juta atau Rp 758 ribu lebih mahal dibandingkan dengan seri sebelumnya.

"Apple tidak takut dengan kompetisi," ujar analis Enders Analysis Benedict Evans, dikutip laman Bloomberg, Rabu (23/10).

Marketing Eksekutif Apple Phil Schiller mengungkapkan, perusahaan fokus pada menyediakan perangkat dengan kualitas terbaik. Sebagai konsekuensi, perseroan menerima tekanan harga yang diakibatkan. Pelanggan membayar iPad mini lebih mahal untuk layar resolusi tinggi yang ditawarkan, yaitu 2.048 x 1.536 piksel.

Hadirnya dua seri terbaru iPad ini menambah ramai pasar tablet setelah sejumlah perusahaan meluncurkan produk serupa. Samsung Electronics Co dan Asustek Computer Inc telah meluncurkan tablet dengan harga yang lebih miring.

Kompetisi menjadi sangat ketat karena iPad adalah sumber pendapatan terbesar kedua bagi Apple setelah iPhone. Kesuksesan atas model baru penting karena perusahaan teknologi ini berupaya untuk meningkatkan kembali pendapatan yang sempat melambat.

Di tengah kompetisi yang tinggi, pangsa pasar tablet Apple turun menjadi hanya 32 persen di kuartal kedua tahun ini. IDC mencatat tahun lalu pangsa pasar tablet Apple mencapai 60 persen.

Secara global, pasar tablet global mengalami perlambatan. Pengiriman tablet diproyeksikan hanya meningkat 28 persen pada 2014 menjadi 301 juta unit. Di 2012 pengiriman tablet mencapai 100 persen.

Namun CEO Apple, Tim Cook optimistis iPad masih digunakan empat kali lebih banyak dibandingkan tablet lain. Sejak diluncurkan, Apple telah menjual lebih dari 170 juta iPad. "Terlepas dari apa yang terdengar tentang berapa banyak tablet yang dijual, iPad dipakai lebih banyak dibandingkan yang lain," kata Cook.

Seri terbaru iPad baru saja diluncurkan di San Francisco, California. IPad seri ke-5 diberi nama berbeda, yaiti iPad Air. Tablet ini jauh lebih ringan dibandingkan seri sebelumnya. Beratnya hanya 0,45 kilogram sedangkan iPad 4 beratnya 0,63 kilogram.

IPad Air 20 persen lebih tipis dari generasi sebelumnya. Performanya dijamin delapan kali lebih kencang dibandingkan iPad generasi pertama. Selain iPad Air, Apple juga meluncurkan iPad mini dengan layar 7,9 inci. 

Secara desain, iPad terbaru tidak jauh berbeda dengan tablet mini sebelumnya. Namun Apple telah membekali iPad mini dengan resolusi empat kali lebih besar dengan kepadatan piksel 324 ppi. Tablet yang akan dikapalkan mulai November ini bahkan menyediakan fasilitas retina display.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement