Selasa 15 Oct 2013 09:25 WIB

Senator AS Optimistis Capai Kesepakatan Anggaran

Rep: Nur Aini/ Red: Nidia Zuraya
Senat AS
Foto: lewandpatpolitics.wordpress.com
Senat AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Senator Amerika Serikat (AS) mengatakan mereka mendekati kesepakatan soal anggaran yang akan membuka kembali layanan pemerintah. Pemimpin Senat dari Demokrat dan Republik mengatakan akan segera mencapai kesepakatan yang menjauhkan AS dari gagal bayar utang dan mengakhiri penutupan sebagian layanan pemerintah.

Sampai Senin (14/10) waktu setempat, penutupan layanan pemerintahan AS sudah masuk 14 hari. "Saya sangat optimistis kita dapat mencapai kesepakatan yang rasional pekan ini," ujar Pemimpin Senat dari Partai Demokrat, Harry Reid dilansir New York Times.

Pembuat kebijakan AS harus segera menyelesaikan masalah anggaran termasuk batas atas penerbitan surat utang. Ini karena pemerintah federal akan kehabisan dana pada 17 Oktober mendatang. Rencananya AS akan meningkatkan batas penerbitan surat utang sebesar 16,7 triliun dolar AS.

Peningkatan plafon untuk menutupi kebutuhan pinjaman sampai pertengahan 2014 mendatang. Akan tetapi, setiap kesepakatan harus mendapatkan persetujuan parlemen dimana Partai Republik bersikeras melemahkan undang-undang kesehatan dari kebijakan Presiden Obama.

Pemimpin Senat Republik Mitch McConnell mengatakan kesepakatan bisa segera datang. "Saya optimistis bahwa kita akan mendapatkan hasil yang akan diterima kedua belah pihak," ujarnya. Departemen Keuangan AS mengatakan tidak menjamin pemerintah AS dapat membayar tagihan terakhir 17 Oktober mendatang jika Kongres tidak menaikkan plafon utang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement