Jumat 04 Oct 2013 14:17 WIB

Samsung Prediksi Laba Rp 103 Triliun dalam 4 Bulan

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Smartphone Samsung Galaxy S4
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Smartphone Samsung Galaxy S4

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Samsung Elektronik meramal rekor laba untuk kuartal Juli-September mencapai 10,1 triliun won atau sekitar Rp 103,4 triliun. Keuntungan itu naik 25 persen dari tahun lalu. Jumlah laba tersebut mengalahkan banyak prediksi analis. 

Samsung mendapat kesuksesan dari ponsel pintar seri Galaxy, namun ada kekhawatiran penjualan melambat. "Perusahaan melakukan pekerjaan fenomenal dalam tingkat pertumbuhan yang berlanjut," analis dari Frost & Sullivan, Andrew Milroy dikutip BBC, Jumat (4/10). 

Kesuksesan Galaxy membuat Samsung menjadi  pemimpin di pasar global ponsel. Analis mengatakan kebijakan perusahaan untuk menyediakan produk segmen bawah dan paling atas di pasar terbukti efektif.

Samsung meluncurkan produk kelas atas seperti Galaxy S4 untuk mengalahkan iPhone, produk Apple. Mereka juga memperkenalkan ponsel murah yang menarget konsumen di pasar berkembang seperti India dan Cina. 

Banyak operator telepon yang tidak menyubsidi ponsel sehingga perangkat berharga murah menarik banyak konsumen. "Samsung sadar peluang pertumbuhan di pasar berkembang merupakan kunci untuk kesuksesan keseluruhan bisnis, dan mereka cukup pandai untuk melangkah ke sana," ujar Millroy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement