Rabu 02 Oct 2013 17:29 WIB

Rupiah Melemah ke Posisi Rp 11.380 per Dolar

Rupiah (ilustrasi)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Rupiah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Rabu (2/10) sore melemah 35 poin menjadi Rp 11.380 per dolar AS dalam transaksi antarbank di Jakarta.

Menurut analis pasar uang Bank Mandiri, Reny Eka Putri, pergerakan pasar uang di dalam negeri cukup berfluktuasi menyusul kekhawatiran sebagian pelaku pasar terhadap penghentian aktivitas ekonomi di Amerika Serikat.

"Jika shutdown ekonomi AS berkepanjangan maka pengaruhnya akan cukup signifikan bagi global karena kontribusi ekonominya mencapai sekitar 20 persen. Mau tidak mau itu akan menurunkan permintaan komoditas dan efeknya ke negara pengekspor dan menekan nilai tukarnya," jelasnya.

Meski demikian, lanjut dia, data ekonomi Indonesia yang dinilai positif masih menahan tekanan terhadap mata uang domestik.

Deflasi yang pada September sebesar 0,35 persen, kata dia, juga membuat pasar punya ekspektasi Bank Indonesia akan menahan suku bunga acuan (BI rate) di posisi 7,25 persen.

Ia memperkirakan, pergerakan rupiah masih berfluktuasi di kisaran Rp 11.250 sampai Rp 11.600 per dolar AS pada Kamis (3/10).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement