REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menerbitkan obligasi negara ritel (ORI) seri ORI010 dengan kupon sebesar 8,5 persen. ORI diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan anggaran negara perubahan (APBN-P) 2013.
Dengan nilai kupon yang ditawarkan, pemerintah menargetkan ORI dibeli oleh investor ritel. Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati mengungkapkan pemerintah mengharapkan investor ritel seperti ibu rumah tangga dan pegawai dapat menyerap obligasi tersebut. "Kami harapkan diserap investor domestik sehingga ada pendalaman ke investor kecil," kata Anny, Jumat (20/9).
Melalui ORI010, warga negara Indonesia diberi kesempatan untuk berperan dalam pembiayaan pembangunan dan memperoleh pendapatan melalui kegiatan investasi pada instrumen yang aman. Penerbitan ORI ditarget dapat mengumpulkan dana sebesar Rp 20 triliun.
Masyarakat dapat memesan ORI minimal lima unit. Satu unitnya seharga Rp 1 juta. Pemesanan hanya dapat dilakukan maksimum senilai Rp 3 miliar. ORI010 menerapkan ketentuan minimum one coupon holding period. Dengan fitur ini investor baru dapat memindahtangankan kepemilikan ORI010 setelah berakhirnya periode pembayaran kupon pertama. Fitur ini bertujuan untuk memperluas basis investor individu dan mengedukasi investor untuk berinvestasi lebih lama pada ORI.
Untuk memenuhi target penjualan, pemerintah menunjuk sejumlah agen penjual ORI010. Setidaknya ada 20 agen penjual, baik bank maupun perusahaan sekuritas yang ditunjuk pemerintah.
Para agen tersebut adalah: PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Panin Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk, PT Bank Permata Tbk, PT Bank UOB Indonesia, Citibank, PT Bank ANZ Indonesia, PT Bank Bukopin Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Internasional Indonesia Tbk, PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, PT Trimegah Securities Tbk, Standard Chartered Bank dan The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Ltd.
Untuk memenuhi target yang merata di seluruh Indonesia, agen penjual ORI 2013 akan melakukan marketing ke seluruh wilayah Indonesia. Setidaknya kegiatan ini akan dilakukan di 28 kota di Indonesia, termasuk kota di wilayah Timur dan Tengah.