Selasa 17 Sep 2013 15:54 WIB

SBY Resmikan Pabrik Ban Asal Korea

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mansyur Faqih
Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Antara
Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku senang dengan dibangunnya PT Hankook Tire Company Limited di Indonesia. Ia pun berterima kasih karena perusahaan asal Korea tersebut memilih Cikarang, Bekasi, Jawa Barat sebagai lokasi untuk berinvestasi. 

Ia berharap, perusahaan tersebut dapat mendukung peningkatan ekonomi di Indonesia. "Kita semua berharap, dengan berdirinya pabrik ini selain dapat mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi dan perluasan lapangan kerja, juga akan makin mempererat hubungan bilateral antara Korea Selatan dan Indonesia," katanya saat peresmian pabrik di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/9).

Pabrik Hankook di Cikarang merupakan pusat produksi globalnya yang ke tujuh. Peletakan batu pertama pembangunan pabrik ini pada Juni 2011. Total investasi Hankook di area seluas 60 hektare tersebut sebesar 1,1 miliar dolar AS hingga 2018. Fase pertama membangun pabrik yang telah diselesaikan saat ini menelan investasi 353 juta dolar AS.

Pada tahap awal, pabrik ini akan memproduksi enam juta ban per tahun. Sekitar 30 persen ditujukan ke pasar domestik dan 70 persen ekspor. Antaranya ke ASEAN, Amerika Utara dan Timur Tengah. Produksi ini diharapkan akan mendukung peningkatan kapasitas 100 juta ban per tahun pada 2014. Produksi ban Hankook di Cikarang sebagian besar untuk kendaraan penumpang, ban ultra high performance dan ban untuk truk ringan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement