Rabu 28 Aug 2013 17:48 WIB

Kadin: Paket Kebijakan Ekonomi Harus Segera Dijalankan

Rep: Rr. Laeny Sulistyawati/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Paket Ekonomi (ilustrasi)
Paket Ekonomi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap pemerintah segera mengimplementasikan paket kebijakan ekonomi. Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, pada prinsipnya kebijakan apa pun yang akan dilaksanakan pemerintah harus dilakukan dengan segera sebelum dampak negatifnya meluas

“Harus segera dilakukan, kongkrit dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Suryo seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika di Jakarta, Rabu (28/8). Dunia usaha mengharapkan ada hasil yang baik atas upaya-upaya itu.

Menurut dia pemerintah harus mengendalikan kegiatan importasi migas yang tinggi, ketergantungan impor bahan baku serta impor barang-barang mewah yang tidak berkaitan dengan kegiatan industri serta tidak berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat.

Sementara untuk stimulus moneter, Kadin meminta sektor perbankan bersedia sedikit berkorban dengan menaikkan suku bunga deposito tanpa menaikkan suku bunga kredit (mempersempit spread).

“Ekonomi nasional sedang sakit, bila obatnya ternyata harus terasa sakit ya tidak mengapa. Perbankan bisa berkorban dengan mengecilkan keuntungannya,” tuturnya.

Selain itu, dia menegaskan tindakan yang perlu dilakukan adalah memperkuat otoritas negara untuk menarik valuta asing hasil ekspor untuk kembali ke Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement