Selasa 20 Aug 2013 10:19 WIB

CIMB Niaga Syariah Genjot Pembiayaan Properti

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Nidia Zuraya
Perumahan (ilustrasi)
Foto: Antara
Perumahan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) terus gencar meningkatkan pembiayaan di sektor properti termasuk Pembiayaan Kepemilikan Rumah dengan skema syariah. Per 30 Juni 2013, CIMB Niaga Syariah telah menyalurkan pembiayaan properti sebesar Rp1,34 triliun, meningkat 48 persen dibandingkan periode yang sama 2012 sebesar Rp903 miliar.

Pengembangan serta inovasi produk pembiayaan kepemilikan rumah iB (PKR iB) menjadi salah satu kunci dari pencapaian tersebut. Head of Syariah Banking CIMB Niaga, U Saefudin Noer mengatakan seiring dengan pasar properti yang terus tumbuh dalam beberapa tahun belakangan, pembelian dengan skema pembiayaan syariah dapat terus menjadi pilihan masyarakat.

 

"Kami melihat potensi tersebut dan terus melakukan inovasi dan pengembangan produk PKR iB kami, salah satunya melalui Program Fix N Fix," ujarnya, Selasa (20/8). Program Fix N Fix dari PKR iB tersebut dapat digunakan untuk pembelian rumah baru, rukan (rumah kantor), dan ruko (rumah toko), disamping untuk takeover, renovasi, serta pembangunan rumah.

 

Program ini, kata Saefudin, merupakan pembiayaan bagi individu atau perorangan untuk kepemilikan rumah dengan metode angsuran tetap di tahun pertama yang lebih ringan dan periode berikutnya angsuran bersifat tetap selama jangka waktu yang direncanakan. Menurutnya, inovasi ini dikembangkan mengingat kebutuhan masyarakat yang ingin kepastian angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan dengan akad murabahah (skema jual beli).

Pogram Fix N Fix dari PKR iB ini sangat cocok bagi nasabah yang ingin memiliki aset dengan perencanaan keuangan yang dapat diukur dengan jelas dan pasti. "Pogram Fix N Fix akan memudahkan nasabah memiliki rumah idamannya, sekaligus membantu perencanaan keuangan keluarga," ujar Saefudin.

 

Adapun keunggulan lainnya dari PKR iB adalah kemudahan akses bagi nasabah. Selain melalui 29 Kantor Cabang CIMB Niaga Syariah dan 1 Kantor Cabang Pembantu CIMB Niaga Syariah, produk dan layanan PKR iB juga bisa diakses melalui 30 Mortgage Center pada jaringan Office Channeling (OC) Consumer Banking Bank CIMB Niaga (data per 30 Juni 2013) yang tersebar luas di tanah air.

Atas pengembangan produk PKR iB ini, CIMB Niaga Syariah berhasil menyabet penghargaan sebagai produk pembiayaan rumah paling inovatif untuk kategori Pioner Model Pembiayaan, yang diberikan oleh satu majalah yang terbit secara nasional.

 

Saefudin menyebut. untuk terus meningkatkan pembiayaan propertinya, CIMB Niaga Syariah akan terus mengembangkan produk pembiayaan propertinya, termasuk program pembiayaan berbasis akad Musyarakah Mutanaqisah yaitu pembiayaan dengan skema angsuran yang menurunkan porsi pembiayaan bank secara bertahap atau meningkatkan porsi pemilikan nasabah secara bertahap melalui cicilan.

"Apa yang telah dan akan kami kembangkan merupakan komitmen kami untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah," ucapnya. Melalui beragam produk serta inovasi yang terus dikembangkan, CIMB Niaga Syariah optimistis dapat terus meningkatkan pembiayaan di sektor properti ke depannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement