Senin 19 Aug 2013 19:30 WIB

Nilai Tukar Rupee Vs Dolar AS Terendah Sepanjang Sejarah

Rep: Friska Yolandha/ Red: Citra Listya Rini
Rupee
Rupee

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Nilai tukar Rupee India terhadap dolar Amerika Serikat (AS) anjlok ke level terendah sepanjang sejarah. Perdana Menteri India Manmohan Singh gagal menenangkan investor.

Berdasarkan Facset, nilai tukar rupee jatuh menjadi 63,13 per dolar AS pada perdagangan Senin (19/8). Padahal pada perdagangan Jumat (16/8) rupee berada di level 61,71 per dolar AS.

Pelemahan ini terjadi di tengah kekhawatiran tentang bagaimana India beradaptasi dengan kebijakan moneter global yang lebih ketat. Selain itu kekhawatiran juga muncul dari bagaimana pemerintah akan menangani masalah ekonomi yang membuat nilai tukar tergelincir.

Singh mencoba menurunkan ketegangan sepanjang beberapa pekan terakhir. india memiliki sejumlah cara untuk memperbaiki masalah defisit neraca berjalan. Namun ekonom memperkirakan kondisi ini akan berlangsung selama jangka waktu tertentu. 

"Turbulensi ini akan terus berjalan dalam jangka pendek," kata Kepala Ekonom Yes Bank di Mumbai Shubhada Rao, seperti dilansir laman Financial Times, Senin (19/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement