Ahad 18 Aug 2013 16:20 WIB

BSM Sinergikan Layanan Gadai Emas dengan Bank Mandiri

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Djibril Muhammad
Gadai emas
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Gadai emas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Syariah Mandiri (BSM) dan Bank Mandiri bersinergi dalam hal layanan gadai emas BSM. Soft Launching sinergi layanan gadai emas BSM dilakukan Jumat (16/8) melalui peresmian pengoperasikan Konter Layanan Gadai (KLG) di Bank Mandiri Surabaya.

Hadir pada acara tersebut Direktur BSM Hanawijaya dan Head Of Priority Project II Change Management Office Bank Mandiri Buntoro. Peresmian KLG BSM di Bank Mandiri merupakan sinergi antara anak perusahaan dan induknya.

Perjanjian kerja sama antara BSM dan Bank Mandiri mengenai sinergi layanan gadai emas (iB) ditandatangani pada 2 Mei 2012.

Berdasarkan perjanjian tersebut, BSM dan Bank Mandiri bekerjasama dalam pemasaran produk Gadai Emas BSM (iB). Bentuk kerja sama antara BSM dan Bank Mandiri ada dua yakni Referral dan Konter Layanan Gadai.

Dalam hal referral maka kerjasama yang dimaksud adalah adanya pelayanan informasi produk Gadai Emas BSM (iB), pemasaran produk Gadai Emas BSM, dan marketing Bank Mandiri akan mengarahkan calon nasabah yang berminat untuk bertransaksi di KLG terdekat. Dengan demikian BSM tidak membuka KLG di Bank Mandiri.

Adapun bentuk kerjasama KLG antara lain pelayanan dan pemasaran produk Gadai Emas BSM (iB), penaksiran emas, pembukaan rekening baru, pengaktifkan kartu ATM, transaksi pencairan, perpanjangan dan pelunasan Gadai Emas, transfer dengan fasilitas BSM Net Banking (BNB) operasional KLG, serta penarikan dan penyetoran tunai terkait transaksi Gadai dan penyimpanan barang jaminan nasabah dan uang.

Produk Gadai Emas (iB) BSM adalah produk pembiayaan yang bertujuan membiayai keperluan dana jangka pendek dan tidak dimaksudkan untuk tujuan spekulasi. Produk ini diperuntukkan bagi perorangan denagn obyek gadai berupa emas batangan dan perhiasan 16 hingga 24 karat.

Jangka waktu pembiayaan Gadai Emas BSM (iB) mulai empat bulan dan dapat diperpanjang maksimal dua kali. Nilai pembiayaan Rp500 ribu  sampai dengan Rp250 juta per nasabah.

Untuk tahap pertama sinergi layanan gadai BSM dengan Bank Mandiri akan dibuka di Surabaya dan Makassar. Sebelum dengan Bank Mandiri, BSM telah menjalin kerjasama layanan gadai emas dengan PT Pos Indonesia.

BSM saat ini memiliki 354 outlet Gadai Emas di luar 20 outlet yang bekerjasama dengan PT Pos Indonesia, tiga outlet bekerjasama dengan Bank Sihar Harapan Bali dan dua outlet dengan Bank Mandiri. Omzet gadai BSM per 31 Juli 2013 mencapai Rp2,6 triliun dengan outstanding Rp1,34 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement