Kamis 15 Aug 2013 07:01 WIB

Secara Global, Smartphone Tumbuh 46,5 Persen

Rep: Friska Yolandha/ Red: Mansyur Faqih
Samsung
Foto: dailymobile
Samsung

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Perusahaan riset Gartner Inc mencatat penjualan smartphone di triwulan kedua 2013 mencapai 51,8 persen dari total penjualan ponsel di seluruh dunia. Analis Utama Gartner Anshul Gupta menyebutkan, penjualan smartphone untuk pertama kalinya melampaui penjualan ponsel fitur dasar.

Penjualan telepon pintar global meningkat 46,5 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada akhir triwulan kedua perusahaan teknologi telah menjual 225 juta unit ponsel. Penjualan ponsel pintar tertinggi terdapat di Asia-Pasifik. Data Gartner menunjukkan pertumbuhannya mencapai 74,1 persen. Sedangkan di Eropa smartphone hanya tumbuh 31,6 persen.

Produk Samsung Electronics Co menduduki pangsa pasar penjualan ponsel terbesar. Dari total unit ponsel yang terjual, Samsung menguasai 31,7 persen. "Pangsa pasar Apple Inc turun menjadi 14,2 persen bila dibandingkan dengan triwulan kedua tahun sebelumnya, yaitu 18,8 persen," ujar Gupta, dalam keterangan resmi Gartner yang dirilis Rabu (14/8) waktu setempat.

Sistem operasi android masih menguasai pangsa pasar global, yaitu 79 persen atau naik dari 64,2 persen. Pangsa pasar pesaingnya Apple iOS hanya 14,2 persen. Sistem operasi Blackberry sendiri turun pangsa pasarnya dari 5,2 persen menjadi 2,7 persen. Perusahaan teknologi asal Kanada ini disalip Microsoft, yaitu 3,3 persen.

Di akhir tahun Gartner memperkirakan penjualan ponsel sebesar 1,82 miliar unit. Dengan melihat hasil di kuartal kedua, Gartner perlu menyesuaikan kembali targetnya. "Penurunan harga smartphone akan mendorong adopsi konsumen di paruh kedua 2013," ujar Gupta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement