Senin 05 Aug 2013 16:50 WIB

ADB Beri Pinjaman 410 Juta Dolar AS untuk Vietnam

Asian Development Bank (ADB)
Foto: brecorder.com
Asian Development Bank (ADB)

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Bank Pembangunan Asia (ADB) akan memberikan pinjaman 410 juta dolar AS kepada Vietnam untuk membangun jalan raya kedua, yang menghubungkan kota Ho Chi Minh dengan Delta Mekong dan wilayah pesisir selatan.

"Jaringan angkutan itu akan membantu membuka provinsi barat Vietnam di Delta Sungai Mekong dan mendukung pembangunan ekonomi serta industri," kata Rustam Ishenaliev, pakar angkutan di Departemen Asia Tenggara ADB di Manila, Senin (5/8).

Kegiatan itu akan terdiri dari dua jembatan kabel permanen dengan panjang gabungan lima kilometer dan akses terkait, serta jalan interkoneksi seluas 26 kilometer. Dua jembatan dan jalan interkoneksi akan memangkas waktu perjalanan antara Ho Chi Minh City dan Long Xuyen, ibu kota Propinsi An Giang di Mekong daerah Delta barat daya Vietnam, dari 3,5 jam menjadi 2,5 jam. Jalan raya ini diharapkan akan terbuka untuk lalu lintas pada akhir 2017.

Selain manfaat transportasi, proyek ini diharapkan dapat mendukung pembangunan yang lebih inklusif, meningkatkan akses ke pelayanan sosial dan kesehatan dasar, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan memfasilitasi investasi sektor swasta di wilayah tersebut. Proyek itu diperkirakan akan menelan biaya 860 juta dolar AS, yang akan disediakan oleh ADB, Australia dan Korea Selatan.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement