Senin 05 Aug 2013 22:05 WIB

CIMB Islamic Raih Pernghargaan Tingkat Global dan Asia Pasifik

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Mansyur Faqih
CIMB Niaga Syariah
Foto: Republika/Musiron
CIMB Niaga Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Bank CIMB Islamic Bhd dinobatkan menjadi 'Bank Syariah Terbaik di Asia Pasifik Tahun Ini' versi majalah The Banker. CIMB Islamic juga berhasil meraih 'Bank Syariah Global Terbaik Tahun Ini'. 

Dua penghargaan itu sebagai pengakuan atas kuatnya manajemen bank, model bisnis sehat dan pendekatan risiko yang bijaksana. Menurut The Banker, bank syariah di seluruh dunia terus menunjukkan angka pertumbuhan mengesankan.

Bank CIMB Islamic menikmati rekornya pada 2012 meski pun sedang berlangsung gejolak keuangan global dan meningkatnya persaingan pasar. CEO CIMB Islamic, Badlisyah Abdul Ghani mengatakan pertumbuhan model bisnis memungkinkan bank memiliki kemampuan efektif, nyata, serta kedalaman untuk mendukung kebutuhan konsumen.

"Akan selalu ada kompetisi, tetapi yang lebih penting dan menjadi fokus kami adalah menjadi pemain signifikan di pasar dan terus memberikan yang terbaik bagi nasabah daripada hanya terfokus pada peringkat," ujarnya seperti dikutip The Sun Daily, Senin (5/8).

Ia bangga dapat terlibat dalam IPO tahun ini. Keberhasilan penutupan IPO Felda Global Ventures Holdings Bhd, senilai 3,2 miliar dolar AS dilakukan dengan parameter syariah yang ditetapkan oleh Komisi Sekuritas dan indeks Islam lainnya untuk menarik basis investor lebih luas. "Kami berharap dapat melihat lebih banyak lagi IPO islami datang ke pasar dalam waktu dekat," kata Badlisyah.

Dia mencatat ada kebutuhan komprehensif dan kerangka peraturan efektif di negara-negara yang mempraktikkan keuangan syariah. Tanpa dukungan tersebut, peluang untuk meningkatkan inisiatif lintas perbatasan akan dibatasi. "Potensi pertumbuhan riil industri bisa tiga sampai empat kali," ucap Badlisyah. 

Dia percaya, Malaysia kondusif bagi pasar keuangan syariah. Bahkan sukuk di Malaysia telah melebihi obligasi konvensional dalam hal pertumbuhan. Pembiayaan di bank-bank syariah juga sukses melampaui bank konvensional. "Saya tidak melihat tren ini berubah. Kita akan melihat banyak proyek infrastruktur dan pembangunan yang memerlukan sumber pendanaan dan sukuk telah menjadi pilihan populer," kata dia. 

Tahun lalu, total pembiayaan syariah Bank CIMB Islamic tumbuh 22 persen menjadi 36, 3 miliar Ringgit Malaysia. Total simpanan syariah CIMB Islamic naik 23 persen menjadi 38,9 miliar Ringgit Malaysia . "Kami senang CIMB Islamic menjadi dan memenangkan penghargaan perbankan syariah di tingkat global dan Asia Pasifik," ujarnya.

"Pakar perbankan syariah menyimpulkan CIMB Islamic menampilkan kualitas teratas di sektor ini," kata Editor The Banker Editor Brian Caplen. Para juri sangat terkesan dengan pertumbuhan CIMB Islamic, terutama pada model bisnis dan transaksi sukuknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement