Kamis 18 Jul 2013 12:47 WIB

Jamsostek Luncurkan Electronic Payment

Rep: Friska Yolandha/ Red: Mansyur Faqih
Jamsostek
Jamsostek

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk memudahkan peserta dalam pembayaran premi, PT Jamsostek (Persero) akan meluncurkan layanan electronic-payment (e-payment). Layanan ini untuk memudahkan peserta perusahaan dalam melakukan pembayaran premi jaminan sosial bagi karyawannya, khususnya jaminan sosial tenaga kerja.

Direktur Keuangan Jamsostek Herdi Trisanto, mengatakan, ini merupakan pengembangan dari layanan virtual account yang sudah diluncurkan Jamsostek beberapa waktu lalu. "E-payment merupakan bagian dari pengembangan sistem keuangan Jamsostek," ungkap Herdi, Kamis (18/7).

Herdi mengatakan, layanan virtual account yang diluncurkan tahun ini sudah memberikan perubahan yang cukup signifikan pada sistem keuangan Jamsostek. Dengan layanan ini, bukan hanya dapat menghindari perusahaan mengalami salah membayar premi. Tapi juga memudahkan perusahaan baru dalam memverifikasi pembayaran premi. Seperti premi untuk jaminan hari tua, jaminan kesehatan, jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja.

Layanan virtual account lebih diarahkan untuk perushaan-perusahaan yang baru mendaftar. Sedangkan e-payment ditujukan untuk perusahaan-perusahaan yang sudah terdaftar. "Jika e-payment ini sudah berjalan, diharapkan tidak lagi ada iuran belum rinci (IBR) yang terjadi di keuangan Jamsostek," kata Herdi. Program ini rencananya akan dilaksanakan pada 2014.

Menurut Herdi sudah ada sekitar 50-70 persen yang memakai pembayaran dengan virtual account. Diharapkan setelah virtual account dikembangkan menjadi e-payment, peserta lebih mudah melakukan pembayaran premi.

Agar semakin banyak perusahaan yang menggunakan layanan virtual account, Jamsostek terus melakukan sosialisasi. Dalam program sosialisasi tersebut, perusahaan juga mengundang perbankan yang menjalin kerja sama dengan Jamsostek. Sehingga kerja sama yang terjalin antara Jamsostek dengan perbankan semakin bersifat saling menguntungkan.

"Saat ini sudah ada empat bank yang bekerja sama dalam pelyanan ini. Ke depan akan kita kembangkan kerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD)," ujar Herdi. Fasilitas ini sudah dapat digunakan melalui ATM Bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement