Rabu 10 Jul 2013 15:36 WIB

BII Mulai Operasikan Kantor Cabang Di India

BII
Foto: Prayogi/Republika
BII

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Internasional Indonesia (BII) mulai mengoperasikan kantor cabang di Mumbai, India, pada Rabu (10/7), demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta. BII Mumbai dioperasikan untuk memperkuat kehadiran BII dan Grup Maybank di luar kawasan ASEAN. Aktivasi cabang BII Mumbai sendiri telah disetujui regulator perbankan, baik Reserve Bank of India di India maupun Bank Indonesia.

Dengan arus perdagangan antara India dan negara-negara ASEAN yang telah mencapai 79 miliar dolar AS dan diharapkan dapat mencapai 100 miliar dolar AS pada 2015, BII cabang Mumbai, India, akan menfokuskan bisnis perbankan di kawasan ini.

Cabang akan menyediakan host of trade dan valuta asing serta produk dan jasa perbankan lain untuk perusahaan-perusahaan India yang memiliki kepentingan bisnis di kawasan ASEAN dan sebaliknya. Cabang ini juga akan melayani nasabah Grup Maybank dan mitra usahanya untuk kebutuhan perbankan mereka di India.

Pada operasional awalnya, BII cabang Mumbai akan melayani nasabah dengan produk-produk perbankan dasar seperti tabungan, giro dan fasilitas pinjaman; sementara produk perbankan yang lebih lengkap mulai tersedia September 2013. Dengan melihat peluang di pasar, operasional BII Mumbai akan menempatkan fokus utama pada segmen perbankan Korporasi dan Komersial dan akan berperan aktif dalam menangani Buyers Credit (BC) dan External Commercial Borrowings (ECBs) untuk nasabah India.

"Operasional BII di Mumbai akan membuka peluang bisnis baru yang potensial bagi BII mengingat India merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia dan dunia," kata Presiden Direktur BII Dato Khairussaleh Ramli.

Khairussaleh mengatakan kantor cabang BII Mumbai akan menyediakan produk dan layanan perbankan untuk memenuhi kebutuhan nasabah Grup Maybank yang memiliki kepentingan bisnis di India, dan komunitas bisnis India yang menjalin kemitraan usaha dengan negara-negara ASEAN di mana Maybank berada. "Aktivasi BII Mumbai sejalan dengan misi Grup yakni humanizing financial services across Asia," ujar Khairussaleh.

Pravin Batra, CEO BII India menambahkan, BII di India semuanya diarahkan untuk memasuki pasar India dan tampil sebagai Intra-ASEAN Trade Finance Bank yang dominan. BII Mumbai terletak di One Indiabulls Center, Tower 2B, Elphinstone Road (Barat), Mumbai, kawasan bisnis baru yang tengah berkembang di pusat Mumbai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement