REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak puas hanya bermain dalam negeri, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk akan melakukan ekspansi ke luar negeri. Pada 2014 perseroan yang membawahi mini market Alfamart dan Alfamidi ini akan mencoba peruntungan di negara ASEAN
"Kami sudah melakukan studi di negara yang padat penduduk dengan ekonomi yang cukup baik," kata Vice President Alfaria, Pudjianto, Senin (8/7). Studi tersebut dilakukan kurang lebih dua tahun. Hasilnya, negara-negara seperti Filipina, Vietnam dan Thailand menjadi pilihan yang menarik.
Pengembangan ke negara Asean ini diharapkan bisa berkontribusi pada pendapatan dan laba perseroan yang telah memiliki sekitar 8 ribu gerai tersebut.
Hingga kuartal pertama Alfaria membukukan penjualan senilai Rp 7,43 triliun. Penjualan terbesar berasal dari gerai-gerai di Jabodetabek, yaitu 41 persen. Sisanya berasal dari Jawa, Bali, Sumatra, dan Sulawesi.
Pendapatan diperoleh dari penjualan makanan sebesar Rp 4,01 triliun. Sisanya diperoleh dari nonmakanan