Senin 08 Jul 2013 11:58 WIB

Korsel Incar Bangun Kawasan Industri di Tepi Sungai Yangon

Bendera Korea Selatan
Foto: flagscountries.blogspot.com
Bendera Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Investor Korea Selatan mengincar untuk mendirikan satu kawasan industri di kota Dala, tepi seberang Sungai Yangon yang menghubungkan kota Yangon, kata media resmi Senin (8/7). Langkah tersebut diharapkan terjadi saat pemerintah Korsel berencana untuk membangun sebuah jembatan persahabatan menyeberangi Sungai Yangon untuk menghubungkan kota Yangon dengan Dala.

Sekarang 50 ribu pekerja harus melakukan perjalanan menyeberangi Sungai Yangon sehari-hari dengan kapal feri untuk bekerja di perkotaan Yangon. Dala, yang dapat diakses oleh saluran air, memiliki banyak lahan sumber daya dan tenaga kerja untuk memungkinkan perusahaan asing melakukan investasi di sana. Sementara itu, Korea Selatan telah sepakat pada Juni untuk memberikan pinjaman 500 juta dolar AS kepada Myanmar untuk tahun 2013-2017.

Statistik resmi menunjukkan bahwa investasi Korea Selatan di Myanmar sebesar 2,979 miliar dolar AS di 77 proyek, mencakup 7.07 persen dari total pada Maret 2013, setelah Myanmar membuka untuk investasi tersebut pada akhir tahun 1988 dan Korsel berada di peringkat ke-empat di jajaran investasi asing Myanmar. Perdagangan bilateral antara Myanmar dan Korea Selatan mencapai 573,4 juta dolar AS pada tahun 2012, dimana ekspor Myanmar ke Korsel menyumbang 237,5 juta dolar sementara impornya mencapai 335.82 juta dolar AS.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement