Senin 24 Jun 2013 10:01 WIB

PT Pos Siap Bantu Pasarkan Produk UKM

 Pengrajin sedang menyelesaikan pembuatan payung hias di desa Kewarasan, Juwiring, Klaten, Jawa Tengah.
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pengrajin sedang menyelesaikan pembuatan payung hias di desa Kewarasan, Juwiring, Klaten, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- PT Pos Cabang Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimanan Selatan, siap membantu memasarkan produk usaha kecil dan menengah melalui e-comercial di seluruh Tanah Air bahkan mancanegara.

Ketua Ritel Wilayah IX Banjarbaru PT Pos Indonesia Akhmad Fauzi di Banjarmasin, Senin (24/6), menjelaskan ada tiga program yang akan dikembangkan dalam kerja sama promosi dan pemasaran produk UKM ini. Tiga program tersebut, yaitu program e-Comersial dengan mencantumkan aneka produk UKM HSU, khususnya yang dibawah binaan Dekranasda dalam situs resmi PT Pos Indonesia yang saat ini masih tengah diajukan untuk disetujui pimpinan PT Pos, yang diberi nama Galeri Pos Indonesia.

Salah satu negara yang sangat mendukung kerja sama untuk ikut mempromosikan dan memasarkan produk UKM Indonesia diluar negeri adalah, Republik Rakyat Cina (RRC) dengan adanya Cina Pos yang memajang berbagai produk UKM Indonesia. "Produk kerajinan HSU nantinya juga dipajang di Cina Pos" imbuhnya.

program selanjutnya, yakni dengan mengajak kerja sama UKM di HSU untuk menjadi agen pos dan mendapat pembagian keuntungan (fee) sebesar 20 persen. "Jadi UKM yang memiliki fasilitas berupa bangunan kantor atau semacamnya serta ditunjang peralatan administratif seperti komputer, apabila si pemiliknya bersedia menjalin kerja sama untuk menjadi agen pos, maka UKM bersangkutan bisa memberikan pelayanan Pos" papar Fauzi.

Dengan adanya kerja sama tersebut, para perajin produk unggulan dan usaha kecil menengah di Kabupaten Hulu Sungai Utara harus bersiap-siap memenuhipermintaan pangsa pasar yang diperkirakan akan semakin melebar.

Mewujudkan kerjasama tersebut Pemkab HSU bersama PT Pos telah melakukan penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten HSU dengan PT Pos Indonesia. Penandatangan kesepahaman (Monatorium of Understanding) yang dilaksanakan di sela kegiatan Pembukaan Indonesia Marketeers Festival 2013 di Hotel Rattan In Banjarmasin.

Ketua Dekrasda HSU Anisah Rasyidah berharap dengan terjalinnya kerjasama promosi dan pemasaran dengan PT Pos Indonesia ini akan semakin menggairahkan Industri kerajinan daerah, yang ditandai dengan meningkatnya produk kerajinan yang dihasilkan baik secara kualitas maupun kuantitas. "Melalui Dekranasda maupun PKK nanti kita akan berikan motivasi kepada perajin untuk meningkatkan produksi kerajinanagar setiap saat siap memenuhi pesanan pasar," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement