Selasa 18 Jun 2013 09:45 WIB

Bank Dunia: Indonesia Berikan Contoh di Sektor Kelautan

Nelayan dengan hasil tangkapan di Muara Angke, Jakarta (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/WIHDAN
Nelayan dengan hasil tangkapan di Muara Angke, Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Direktur Pertanian dan Pengembangan Pedesaan Bank Dunia, Juergen Voegele mengatakan, Indonesia memberikan contoh dalam menyorot berbagai masalah kelautan dengan menggelar konferensi terkait ketahanan pangan.

"Indonesia memberi contoh dengan berpikir global dan bertindak lokal," kata Juergen Voegele dalam pembukaan Asia Conference on Oceans, Food Security, and Blue Growth (ACOFB) yang digelar di Nusa Dua, Bali, Selasa (18/6).

Menurut Juergen, konferensi berskala regional yang digelar Indonesia itu akan mengingatkan bahwa banyak negara di kawasan Asia-Pasifik yang menghadapi permasalahan seperti stok ikan dan polusi perairan. Ia mengakui, selama ini komunitas internasional dapat dinilai gagal karena berbagai upaya selama beberapa dasawarsa terakhir dinilai tidak berhasil dalam mengatasi hal tersebut secara signifikan.

Untuk itu, ujar dia, penting bagi berbagai pihak untuk membuat model yang menekankan inklusivitas yang melibatkan berbagai pihak dalam upaya guna melakukan transformasi. "Perlu adanya kemitraan antara pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement