Jumat 24 May 2013 14:06 WIB

Ini Dia Dua Kandidat Kuat Kepala BKPM

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Nidia Zuraya
Kantor BKPM
Kantor BKPM

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Keuangan Chatib Basri sampai saat ini masih merangkap jabatan sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan rangkap jabatan Chatib tidak akan berlangsung lama. Pasalnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan segera menunjuk Kepala BKPM yang baru.

Sejumlah nama digadang-gadang akan menggantikan posisi Chatib di kursi nomor satu BKPM. Dua nama yang santer beredar antara lain Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan dan Direktur Utama Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Satar.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Suryo Bambang Sulisto mengatakan dari sejumlah nama yang beredar di media massa, semuanya memiliki kapabilitas untuk memimpin BKPM. Rangkap jabatan Chatib dinilainya hanya sementara. "Banyaklah yang bagus-bagus itu," ujar Suryo kepada wartawan di sela-sela gelaran Indonesia Banking Expo 2013, Jumat (24/5). 

Suryo pun tidak mau berspekulasi soal siapa yang akan terpilih nantinya. "Tapi pasti di kantong presiden lah itu," kata dia. 

Menurut Suryo, siapapun Kepala BKPM selanjutnya sudah barang tentu menerima ekspektasi dari dunia usaha. Kepala BKPM juga harus menciptakan iklim investasi senyaman mungkin agar investasi tidak terganggu.  "Sebab, kita bersaing loh dengan negara-negara sebelah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement