Rabu 22 May 2013 13:46 WIB

Menhub Minta 'Runway' Bandara Semarang Diperpanjang

EE Mangindaan
Foto: Republika/Tahta Aidilla
EE Mangindaan

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menteri Perhubungan EE Mangindaan meminta agar landasan pacu atau runway di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, diperpanjang, sehingga bisa didarati pesawat berukuran besar.

"Saat ini panjang runway Bandara Ahmad Yani baru 2,8 kilometer, kalau boleh diperpanjang menjadi 3 kilometer," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Rabu (22/5).

Ia menjelaskan, jika runway Bandara Internasional Ahmad Yani jadi diperpanjang maka yang harus dipikirkan adalah sungai kecil yang ada di sekitar bandara. Menurutnya, jika runway diperpanjang maka pesawat terbang berukuran besar dapat mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. "Hal tersebut akan berdampak pada perekonomian masyarakat setempat dan di Jateng," katanya.

Terkait dengan pengembangan dan perluasan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Menhub menilai hal itu harus secepatnya dilakukan. "Saat ini jumlah penumpang per tahun di bandara sudah mencapai 2,4 juta orang dan sudah ribet sekali," ujarnya.

Menhub berjanji akan segera melakukan pembicaraan dengan Menteri Keuangan yang baru dilantik terkait dengan pengembangan dan perluasan bandara di Kota Semarang itu. "Secara umum semua sudah tidak ada masalah dan Kementerian Keuangan sedang melihat aturannya sudah sesuai dengan landasan hukum, jangan sampai salah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement