Selasa 21 May 2013 11:20 WIB

SBY Resmi Lantik Chatib Basri Jadi Menkeu

Rep: Esthi Maharani / Red: Citra Listya Rini
Chatib Basri
Foto: ANTARA
Chatib Basri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi melantik Menteri Keuangan (Menkeu) yang baru, Chatib Basri. Pelantikan digelar di Istana Negara pada pukul 11.00  WIB, Selasa (21/5).

Pelantikan menkeu baru dihadiri oleh wakil presiden, Boediono beserta ibu Herawati Boediono. Hadir pula seluruh menteri Kabinet Indonesia Bersatu II beserta istri. 

"Keputusan Presiden nomor 60/P/2013. Dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa, menetapkan Dr Mohammad Chatib Basri sebagai menteri keuangan dalam sisa masa jabatan 2009-2012. Ditetapkan di Jakarta, 20 Mei 2013," bunyi keputusan pengangkatan. 

Chatib terlihat lancar saat mengulangi sumpah jabatan yang diucapkan oleh SBY. Sebelumnya, SBY menunjuk Chatib menggantikan Agus Martowardojo dengan sejumlah pertimbangan. Chatib dianggap memiliki pengalaman yang luas. 

Tercatat ia pernah bertugas sebagai staf khusus menkeu, menjabat deputi menkeu untuk tugas-tugas G20, pernah menjabat sebagai sherpa G20 bagi presiden SBY pada sidang G20 di Washington pada 2008, serta wakil ketua komite ekonomi nasional (KEN). 

SBY juga menilai selama 1,5 tahun Chatib menjabat sebagai Kepala BKPM, investasi di Indonesia menunjukkan hasil yang signifikan. Karena alasan itulah, Chatib ditunjuk Presiden SBY untuk menduduki jabatan strategis di kabinet. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement